Minggu, 19 September 2010

Karakterisasi Morfologi Tanaman Buah Tiin


KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN BUAH TIIN
(Ficus carica L.)

Dipersiapkan dan disusun oleh:

Harir Muhammad Kholid
Nim. 05710013

JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN PETERNAKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Pembimbing Utama : Dr. Ir. Erny Ishartati, MP
Pembimbing Pendamping : Ir. Agus Zainudin, MP

Telah disetujui dan memenuhi persyaratan untuk Publikasi Ilmiah


ABSTRAK

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui aspek genetika mendukung upaya-upaya untuk mendapatkan kultivar yang potensial, sehingga arah perbaikan karakter dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Tujuan dari penelitian ini secara khusus adalah untuk menyelidiki : a) karakter khusus buah tiin, b) menyelidiki Korelasi antara karakter yang diamati, dan c) menyelidiki kontribusi langsung dan tidak langsung terhadap karakter hasil.

Penelitian ini dilakukan di Surabaya pada bulan Mei sampai Juli 2009. Penelitian ini tidak menggunakan metode tertentu, tetapi menggunakan 6 (Enam) kultivar buah tiin yaitu : Brown Turkey, Black Ischia, Adriatics, Green Jordan, Syrian, dan Flanders yang diulang dua kali (2 kali).

Parameter Pengamatan antara lain meliputi ukuran ostiole, pembukaan ostiole, transparansi daging buah, warna daging buah, panjang tangkai buah, lebar tangkai buah, bentuk tangkai buah, leher buah, warna buah matang, warna buah muda, bentuk buah matang, bentuk dasar buah, jenis buah, warna tangkai buah, ujung daun, panjang tangkai daun, bentuk tangkai daun, ukuran tangkai, warna daun muda, warna daun tua, warna daun bawah, bentuk dasar daun, bentuk ujung daun, warna tangkai, tinggi tanaman, diameter batang, luas daun, jumlah daun, jumlah buah, dll

Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan:

1) Karakter-karakter khas tanaman buah tiin berdasarkan Analisis Multidimensional meliputi : letak kuncup tunas, letak calon buah, dan leher buah.

2) Identifikasi karakter tanaman buah tiin berdasarkan Analisis Komponen Utama
komponen utama. Komponen I terdiri dari : Green yordan, Syrian, Brown turkey; Sedangkan Komponen II terdiri dari : Flanders, Adriatic, Black ischia.

3) Hasil analisis linas menunjukkan peringkat pengaruh langsung positif sangat nyata (p > 0,01) terhadap jumlah buah adalah karakter tinggi tanaman (PTT = 0,684), luas daun (PLs-D) = 0,636), jumlah daun (PJD = 0,347), dan diameter batang (PDB = 0,066).

4) Hasil analisis lintas juga menunjukkan pengaruh korelasi positif tinggi tanaman yang tinggi dipengaruhi secara tidak langsung oleh karakter luas daun (r = 0,138) dan jumlah daun (r = 0,393), sedangkan untuk karakter luas daun dipengaruhi secara tidak langsung oleh tinggi tanaman (r = 0,138) dan diameter batang ( r = 0,314).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, Pendapat, maupun Pertanyaan anda sangat berharga bagi kami untuk evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, Insya Allah